Ulasan MSI Prestige 14 Evo

msi feature

#Ulasan #MSI #Prestige #Evo

msi feature

Jika Anda sedang berbelanja ultrabook baru, MSI Prestige 14 Evo adalah pilihan yang solid dan terjangkau untuk bisnis, konsumen, dan bahkan game ringan.

Selama bertahun-tahun di pertunjukan perusahaan saya, saya telah menggunakan ultrabook Dell dan Lenovo yang tak terhitung jumlahnya, termasuk beberapa Latitude, XPS, dan X1 Carbon. Ultrabook Windows favorit saya, tangan ke bawah, selalu menjadi Lenovo X1 Carbon asli. Meskipun kurang bertenaga dibandingkan dengan mesin modern, ia memiliki “rasa” dan kinerja yang hebat, dan merupakan yang pertama untuk pasar ultrabook Windows perusahaan. itu adalah Dulu Favorit saya sampai MSI mengirimi saya MSI Prestige 14 EVO baru untuk ditinjau.

MSI Prestige 14 EVO (A11M-220US), dilengkapi dengan prosesor Intel Core I7 (Tiger Lake) Generasi ke-11 baru dan GPU Intel Iris XE terintegrasi, adalah ultrabook bisnis terbaik yang pernah saya gunakan. Cepat, sangat ringan, memiliki desain yang kokoh, dan masa pakai baterai yang lama. Sekarang sudah lengkap? tentu saja tidak. Baca terus untuk semua detail tentang apa yang saya gunakan dan tidak suka tentang MSI Prestige 14 Evo selama sebulan terakhir.

Detail spesifikasi MSI Prestige 14 Evo

Nomor bagian pabrikan Prestige14EVO220
CPU Intel Core i7-1185G7 (4 core / 8 thread, basis 3 GHz, turbo maks 4,8 GHz)
Ukuran layar FHD 14 inci, permukaan IPS anti-silau sudut pandang lebar bingkai tipis 100% sRGB
Kejelasan 1080×1920 (16:9)
GPU Grafik Intel Iris Xe (terintegrasi dengan CPU)
Warna Karbon abu-abu atau putih bersih
Papan ketik Keyboard dengan lampu latar putih (84 tombol)
pendengaran Audio Nahimic 3 / Hi-Res
pembicara Speaker 2 watt * 2
Penyimpanan 16GB (16G*1) LPDDR4X
kapasitas HDD SSD NVMe 512 GB
antarmuka HDD NVMe SSD PCI Express 4.0 x4
Jaringan dongle Ethernet
WLAN Intel Harrison Peak (2×2 802.11ax Wi-Fi 6)
Bluetooth BT5.1 (2×2)
Kamera web Ketik IR HD [30fps/720p]
Pelabuhan: Benar 1 x USB 3.2 Gen 2 Tipe-A
1x keluaran mikrofon/headphone
1x Mikro SD (UHS-III)
Pelabuhan: Sisi kiri 2x Petir 4 [Support Power delivery, DP 1.4a, USB 4.0]
adaptor AC USB-C 65W yang ringkas
baterai 3 sel (52Whr)
panel sentuh Multi-sentuh 10 titik yang akurat
Ukuran 12,55 x 8,46 x 0,63 inci
Bahan bangunan Tubuh aluminium
Bobot 2,8 pon (1,27 kg)
Daya tahan Sesuai dengan standar militer MIL-STD-810G
sistem operasi Windows 10 Home (upgrade gratis ke Windows 11)
Jaminan Garansi terbatas 1 tahun (termasuk 1 tahun di seluruh dunia)

Konstruksi dan desain berkualitas

msi 02

Prestige 14 Evo dibangun dengan bodi aluminium. Model abu-abu karbon dengan highlight biru pada bodi dan touchpad memberikan tampilan dan nuansa yang luar biasa. Dengan berat hanya 2,8 pon, saya terkejut karena terasa lebih ringan dan (jika tidak lebih) lebih kuat daripada MacBook Air saya. Saat membuka laptop, engsel menaikkan tampilan keyboard hingga sudut lima derajat. Sudut yang ditambahkan membuat mengetik lebih mudah sekaligus memungkinkan lebih banyak aliran udara untuk mendinginkan bagian bawah laptop – desain yang bagus dalam hal itu.

msi hinge

Satu-satunya masalah yang saya miliki dengan desainnya adalah lokasi dan ukuran touchpad. Saat saya meletakkan dua telapak tangan di keyboard saat mengetik, saya tidak sengaja mengklik touchpad saat meraih tombol tertentu dengan tangan/jari kanan saya. Tentu saja, dengan beberapa waktu di keyboard, itu tidak menjadi masalah, tetapi bahkan setelah sebulan menggunakan sistem, itu masih terjadi beberapa kali hingga saya menemukan fungsi penonaktifan touchpad di atas tombol #4.

msi keyboard backlit

Berbicara tentang keyboard, keyboard dengan lampu latar bagus dan cerah, dan tombolnya memiliki ketahanan yang layak saat Anda menekannya. Saya pilih-pilih soal keyboard, tapi tombol ini terasa pas. Keyboard juga memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengontrol semua fungsi laptop yang berbeda, termasuk pengaturan:

  • suara pengeras suara
  • Aktifkan atau nonaktifkan touchpad – berguna untuk masalah keyboard saya yang disebutkan sebelumnya
  • Mikrofon dan kamera web
  • Kecerahan lampu latar keyboard
  • Kecerahan layar
  • Konfigurasi monitor ganda (atau tampilkan layar Anda)
  • Screen Flip – Fitur keren yang memungkinkan Anda memutar layar 180 derajat untuk menunjukkan sesuatu kepada orang yang duduk di depan Anda.
  • Cetak halaman

msi trackpad

Touchpadnya besar dan lebar serta sangat halus. Laptop Windows telah mengecewakan saya selama bertahun-tahun dengan touchpad biasa-biasa saja dibandingkan dengan Apple Macbook Air dan MB Pro. Saya senang untuk mengatakan, MSI hampir sampai dengan touchpad-nya di Prestige, mendukung fitur multi-sentuh dan gerakan seperti pengguliran dua jari, pembesaran, gerakan tiga dan empat jari – semuanya dapat disesuaikan sepenuhnya dalam pengaturan Toughpad Windows adalah . .

Touchpad juga memiliki pembaca sidik jari biometrik untuk memudahkan login. Ini bekerja sebagian besar waktu. Biasanya saya butuh beberapa kali untuk meletakkan jari saya di atasnya untuk masuk. Sejujurnya, ini bukan masalah besar, karena laptop ini juga mendukung Windows Hello melalui webcam bawaannya.

msi ports01

Meskipun laptop ini dilengkapi dengan sepasang port USB-C Thunderbolt 4, saya senang mereka mengubahnya dan menambahkan port USB-A juga.

msi ports02

Saya memiliki Apple MacBook Pro 13″ dari tahun 2020 dan hanya memiliki port USB-C Thunderbolt, yang sangat mengganggu karena saya tidak dapat menggunakan perangkat atau hub USB lama saya.

Performa sistem di Prestige 14 Evo

Sejak komputasi dimulai, laptop “bisnis”, termasuk ultrabook, telah menjadi solusi tunggal. Mereka cukup bagus untuk aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office dan penjelajahan web, tetapi tidak berguna untuk tujuan lain seperti mengedit video atau bahkan game ringan. Masalah biaya adalah dimasukkannya komponen perangkat keras penting yang disebut GPU, atau unit pemrosesan grafis. Semua itu berubah dengan chip di jantung MSI Prestige 14 Evo.

Prosesor Intel Core i7-1185g7 generasi ke-11 yang baru mengemas GPU modern, Intel Iris Xe – dan persis seperti apa suaranya. Ini adalah pengubah permainan. Meskipun tidak sekuat GPU Nvidia yang berdiri sendiri, GPU Intel Iris Xe bekerja dengan baik, mengingat Anda mendapatkannya secara gratis dengan CPU.

Berikut adalah beberapa tolok ukur GPU Intel Iris Xe terhadap GPU khusus Nvidia 1050 TI yang dipasang di salah satu sistem permainan saya. Hasilnya tidak mengejutkan. Namun, saya terkejut bahwa GPU Intel Iris Xe bekerja dengan baik dibandingkan dengan GPU khusus 1050 Ti.

3dmark msi 01

geekbench msi gpu

Secara keseluruhan, kinerja CPU dan GPU Intel Generasi ke-11 sangat mengesankan, dan dalam banyak hal, sangat dibutuhkan mengingat bagaimana pengembang perangkat lunak semakin memindahkan beban kerja ke GPU. Memang, GPU tidak hanya untuk bermain game dan menyusun algoritme AI yang rumit. Lihat saja Pengelola Tugas, dan Anda akan melihat bahwa beberapa pengguna terberat GPU Anda adalah Microsoft Office dan browser Google Chrome. Dengan Intel Iris Xe, semuanya berjalan lebih baik di PC Windows Anda. Tidak tahu tentang menambang bitcoin dengan Iris Xe…mungkin bukan ide terbaik saat ini…

Bermain game di MSI Prestige 14 Evo

Meskipun GPU Intel Iris Xe tidak dipasarkan sebagai laptop “gaming”, kinerjanya baik dengan dua game intensif GPU yang saya mainkan – Ark: Survival Evolved dan Deep Rock Galactic. Di luar kotak, kedua game tampil di bawah rata-rata. Namun, setelah memperbarui BIOS laptop dan driver video ke versi terbaru (Bios – E14C4IMS.315 tanggal 24/6/2021 dan Video Driver – 30.0.100.9805 tanggal 23/7/2021), kinerja meningkat secara dramatis.gsi ark

Saya menurunkan pengaturan grafis ke “tinggi” untuk kedua game dan bermain selama beberapa jam. Keduanya sangat bisa dimainkan dan tidak ada masalah kecuali saya terbiasa bermain di layar 32″ 4K… Lagi pula, rata-rata FPS saya di Ark adalah 22 dengan rata-rata suhu GPU/CPU 84C (183.2derajat Fahrenheit) menggambar 15,1 watt. Sekarang, jika kedengarannya panas, memang begitu. Kipas saya bertiup pada 50dB, dan permukaan keyboard di atas tombol volume terasa panas, serta bagian bawah laptop.

Deep Rock Galactic tampil lebih baik pada 43fps. Suhu GPU/CPU dan kebisingan kipas hampir sama dengan game lainnya.

intel-iris-xe-gpu-test-deeprock
Secara keseluruhan, ini cukup mengesankan mengingat ini adalah GPU yang terpasang di dalam CPU! Laptop tidak hanya mampu menangani apa yang saya lemparkan, tetapi gimnya juga menyenangkan dan 100% dapat dimainkan. Sempurna untuk perjalanan bisnis di mana saya mungkin memiliki waktu istirahat di kamar hotel dan tidak ingin membawa-bawa perlengkapan game saya dalam penerbangan.

Performa penyimpanan di MSI Prestige 14 Evo

Jika Anda adalah pembaca groovyPost biasa, Anda tahu kami berbicara tentang pentingnya hard drive yang cepat. MSI Prestige 14 Evo terus membuat saya terkesan dengan dukungan SSD PCIe Gen 4 NVMe. Unit saya datang dengan Phison 512GB SM280512GKBB4S-E162 PCIe Gen 4 NVMe SSD. Berbeda dengan memori yang disolder ke motherboard, SSD menggunakan slot M.2 standar, yang mudah untuk ditingkatkan jika SSD OEM 512GB tidak cukup besar untuk Anda.

Saat menguji performa NVMe SSD, Anda benar-benar dapat melihat manfaat dari PCIe Gen 4 NVMe SSD. Menggunakan CrystalDiskMark, saya mendapatkan 5K MB/s dalam pembacaan berurutan dan 2,5K MB/s dalam penulisan. Persis seperti yang saya harapkan dari drive PCIe Gen4.

msi ssd benchmark

Tampilan di MSI Prestige 14 Evo

msi display

Prestige 14 memiliki layar 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 (16:9) IPS. IPS atau in-screen switching menampilkan daftar teratas dalam hal kualitas warna dan sudut pandang dibandingkan LCD TN (twisted nematic) atau VA (vertical alignment). Secara pribadi, saya tidak membeli laptop atau monitor kecuali yang memiliki layar IPS, jadi senang melihat MSI menyertakan layar premium di ultrabook kecil ini. Diakui, akan lebih baik jika mengguncang layar 4K, tetapi tidak diragukan lagi akan menaikkan harga dari tujuan MSI. Layarnya juga memiliki bezel tipis yang bagus. Saya berharap mereka menggunakan layar 16:10, bukan 16:9. Ini tidak seperti semuanya terasa sempit, tetapi akan menyenangkan memiliki lebih banyak ruang. Saat menguji tampilan selama hampir sebulan, saya tidak pernah mengalami masalah dengan tingkat kecerahan atau hitam.

Suara di MSI Prestige 14 Evo

Laptop ini memiliki speaker bawah di sisi kiri dan kanan. Selama bulan yang saya habiskan untuk menguji MSI Prestige 14 Evo, saya melakukan streaming video yang tak terhitung jumlahnya dan video YouTube yang dialirkan dari Disney Plus. Awalnya, saya menemukan speaker dan kualitas suara secara keseluruhan di bawah rata-rata. Tidak hanya speakernya tidak terlalu keras, tetapi kualitas suaranya juga buruk – sangat tipis dan tidak ada bass. Tentu saja, saya menyelesaikan masalah menggunakan headphone JBL saya, tetapi, mudah-mudahan, ini adalah sesuatu yang akan diperbaiki MSI di versi mendatang.

Daya tahan baterai MSI Prestige 14 Evo

Menggunakan laptop selama lebih dari sebulan, saya menikmati masa pakai baterai Intel Evo yang lebih baik. Saya biasanya menghabiskan lebih dari 7 jam baterai hanya duduk di sofa melakukan pekerjaan / pribadi sesekali. Selain pengujian standar saya, saya juga menjalankan pengujian benchmark PCMark 10 Modern Office Battery Life, yang mengukur masa pakai baterai dari 100% hingga 0% sambil mencapai keseimbangan yang realistis antara tugas menulis, menjelajah web, dan konferensi video. . Menjalankan pengujian ini dalam mode performa penuh dengan kecerahan layar 100%, sistem berhasil berjalan selama 312 menit sebelum dimatikan.

msi battery test

Situs web MSI menyatakan bahwa MSI Prestive 14 Evo menawarkan produktivitas 12 jam dan pengisian daya 15 menit untuk penggunaan hingga 1,5 jam. Meskipun saya tidak melihat dalam pengujian saya bahwa jika Anda menurunkan kecerahan layar, menonaktifkan keyboard dengan lampu latar, dan menyetel sistem ke mode kinerja seimbang, saya yakin Anda dapat menambah 20-30% masa pakai baterai lagi untuk pengujian. . . Untuk pengisian daya, pengisi daya USB-C mengisi penuh laptop saya dari 0% hingga 100% dalam 90 menit.

peraturan umum

Seperti yang saya sebutkan di paragraf pertama, saya sangat menyukai MSI Prestige 14 Evo. Yang mengatakan, inilah cara saya memecah pemikiran terakhir saya dari eksperimen saya.

Advokat

  • Desain hebat dan daya tarik visual
  • Prosesor Intel Evo generasi ke-11 yang cepat dengan GPU bawaan
  • Layar IPS yang unggul
  • SSD NVMe PCIe Gen 4
  • Touchpad responsif dengan dukungan gerakan modern
  • Banyak port USB
  • Sangat tipis dan beratnya hanya 2,8 kilogram
  • Murah dibandingkan dengan rekan-rekannya
  • Ini sepenuhnya mendukung Windows 11

Negatif

  • Kualitas suara buruk
  • Touchpad berukuran aneh menyebabkan masalah saat mengetik
  • Suhu permukaan tinggi selama tugas/game intensif GPU
  • Tidak ada HDMI atau Mini DisplayPort
  • Layar non-4k

Meski tidak sempurna, saya tidak masalah merekomendasikannya kepada pembaca saya jika mereka mencari ultrabook murah untuk rumah atau bisnis. Dengan GPU built-in dan NVMe SSD berkecepatan tinggi, sistem ini akan bebas masalah, memberi Anda setidaknya 3-5 tahun produktivitas dan penggunaan game berkualitas.

Pada saat penulisan, Anda dapat membeli MSI Prestige 14 EVO dengan harga kurang dari $1.000 dari Amazon, Bestbuy, dan pengecer lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *